Cara Merawat Komputer Agar Panjang Umur Dengan Performa Yang Terus Maksimal

menunjang komputer agar dapat bekerja lebih maksimal seperti CD Rom, VGA, Lan Card, Sound Card dll dengan sifat optional atau dapat dipasang sesuai de

Cara Merawat Komputer Agar Panjang Umur Dengan Performa Yang Terus Maksimal



Komputer terdiri dari beberapa komponen hardware yang saling terhubung satu sama lain yang saling berkesinambungan untuk mengolah berbagai macam data dan informasi. Terdiri dari beberapa komponen internal yang wajib ada seperti prosesor, ram, motherboard, media penyimpanan ( bisa berupa harddisk atau ssd ) dan power supply, komputer sudah dapat digunakan sebagaimana mestinya untuk mengolah suatu data atau informasi.

Adapun perangkat tambahan lain yang dapat dipasang untuk menunjang komputer agar dapat bekerja lebih maksimal seperti CD Rom, VGA, Lan Card, Sound Card dll dengan sifat optional atau dapat dipasang sesuai dengan kebutuhan.

Selain perangkat internal ada juga perangkat eksternal dari komputer biasanya perangkat eksternal ini berfungsi sebagai kontrol terhadap perangkat internal komputer serta software yang terpasang, perangkat eksternal komputer yang sering dijumpai adalah mouse, keyboard dan monitor.

Selain hardware komputer juga terdiri dari perangkat lunak berupa sistem operasi ( yang umum dijumpai adalah windows, linux dan phoenix os ) dan perangkat lunak program yang dapat di instal sesuai dengan sistem operasi yang digunakan seperti Microsoft Office ( untuk mengolah data berupa dokumen ), Adobe Photoshop ( untuk mengolah data berupa gambar ).

Untuk menjaga dan merawat komputer agar performanya tetap maksimal maka harus dilakukan perawatan rutin baik itu dari sisi hardware maupun software karena dua hal tersebut saling terkait satu sama lain.

Berikut Ini Merupakan Cara Untuk Merawat Komputer Agar Tetap Dalam Kondisi Maksimal Dan Panjang Umur Yang Bisa Kamu Tiru dan Terapkan di Komputer yang Kamu Miliki

Admin membagi cara merawat komputer menjadi dua macam untuk memudahkan kamu untuk memahaminya, yaitu perawatan dari sisi hardware dan software.

Perawatan Hardware Komputer

1. Lokasi Penempatan Komputer

Kamu perlu mempeerhatikan dengan seksama lokasi penempatan komputer, entah itu dirumah ataupun tempat seperti kantor, sekolah dll. Karena perangkat keras komputer sangatlah sensitif terhadap perubahan suhu, kelembapan, guncangan dan partikel kotoran kecil seperti debu.

Penempatan komputer pada kondisi yang ekstrim terlalu panas / dingin serta perubahan yang terlalu ekstrim dapat mempercepat rusaknya komponen hardware pada komputer. Sebaiknya letakan komputer pada suhu ruang normal dan pastikan kondisi ruangan kering, karena musuh terbesar perangkat elektronik adalah kelembapan yang terlalu tinggi.

Guncangan juga dapat merusak komponen komputer, apalagi jika pada komputermu terdapat komponen yang bergerak seperti harddisk. letakkan komputer pada tempat yang stabil dan terhindar dari hal yang menyebabkan gunjangan, jika kamu meletakkan komputer diatas meja pastikan meja dapat menapak dengan sempurna ke lantai untuk meminimalisir guncangan yang terjadi.

Selain kelembapan debu juga sangat berbahaya bagi perangkat keras komputer, debu dapat dengan mudah masuk melalui sela sela kecil yang terdapat pada hardware. Letakkan komputer pada tempat tertutup yang minim udara dari luar ruangan untuk meminimalisir udara yang terbawa masuk oleh udara.

2. Menjaga Kebersihan Komponen Hardware Komputer

Meskipun komputer telah berada pada tempat yang bersih tidak akan menjamin bahwa perangkat keras komputer akan selalu terbebas dari kotoran, entah itu kotoran yang halus seperti debu hingga kotoran kasar yang berasal dari ekskresi hewan kecil seperti cicak, tikus atau kecoa.

Biasakanlah untuk rutin membersihkan perangkat keras komputer dari yang mudah terlebih dahulu seperti menjaga kebersihan luarnya dari debu pada keyboard, mouse dan monitor karena komponen inilah yang sering terlihat kotor karena sering bersentuhan dengan tubuhdan paling mudah terkena kotoran secara langsung.

Khusus untuk melakukan pembersihan pada bagian dalam mesin komputer kamu harus mengerti tentang cara untuk membongkar komponen dan memasangnya kembali, kamu harus mempelajari terlebih dahulu alur kabel agar tidak salah ketika memasangnya kembali agar tidak salah pasang yang mengakibatkan komputermu makin rusak.

3. Instalasi Kabel dan Sistem Pendingin Yang Baik

Pada instalasi komponen yang menggunakan listrik pasti akan menghasilkan panas walaupun sedikit. adapun beberapa perangkat elektronik yang tidak memerlukan sistem pendingin karena hanya sedikit panas yang dihasilkan namun untuk komputer sistem pendingin ini sangat diperlukan karena komputer ketika sedang digunakan akan menghasilkan panas yang cukup tinggi salah satunya pada prosesor.

Pastikan sistem pendingin pada komputer cukup untuk mengatasi suhu panas pada komputer, jika memakai kipas setidaknya ada untuk mendinginkan prosesor, power supply dan 2 kipas untuk sirkulasi masuk dan keluar udara.

Instalasi kabel yang baik ( tidak semrawut ) dapat membantu sirkulasi udara didalam box komputer agar berjalan dengan lancar, atur tataletak kabel agar tidak menghalangi arah angin dari kipas pendingin, sebaiknya kabel ditata dan menempel dengan baik pada dinding box komputer dan jangan ada kabel yang menggantung, kamu bisa memanfaatkan kabel ties untuk merapikan kabel.

4. Gunakan Tegangan Listrik Yang Stabil

Apabila ditempat kamu sering terjadi pemadaman listrik, ini akan sangat buruk bagi kesehatan komputermu. Ketika komputer sedang digunakan dan bekerja sangat keras pada performa maksimal, kehilangan daya secara mendadak dapat menyebabkan kerusakan terutama pada VGA Card atau Perangakt penyimpanan seperti hardisk.

Perawatan Software Komputer

1. Instal Software Original dan yang Diperlukan

Sebaiknya kamu tidak menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal atau mendownloadnya dari situs diinternet yang tidak terkait dengan program aplikasi tersebut. Software tidak resmi biasanya telah melalui proses cracking atau pathcing agar aplikasi tersebut bisa dibuka pada versi penuh tanpa harus membayar.

Software bajakan juga sering terdapat iklan alih alih virus yang telah ditanamkan oleh orang yang meng crack atau patch aplikasi tersebut. Hal ini tentu dapat menyebabkan resiko tinggi jika kamu menginstalnya.

Selain aplikasi resmi kamu juga harus memilah mana aplikasi yang sering dan tidak kamu perlukan. Hapus program atau aplikasi yang sekiranya tidak kamu perlukan agar tidak memperberat kinerja komputermu yang dapat mengakibatkan performa dari komputer menurun. 

2. Gunakan Software Antivirus

Komputer sangat rawan terhadap serangan virus yang bisa masuk kapan saja melalui flasdisk, internet atau sumber media lain. Macam virus yang dapat menginfeksi sangat bervariasi mulai dari Adware, Trojan, Worm, Malware dan masih banyak varian lainnya.

Virus dapat menyerang file pada media penyimpanan komputer, bahkan dapat menginfeksi sistem operasi yang kamu gunakan yang mengakibatkan performa dari komputermu menjadi tidak maksimal bahkan bisa mengalami kerusakan.

Pada setiap komputer setidaknya harus terinstal antivirus yang handal untuk menghadang virus masuk, contoh antivirus yang dapat kamu instal adalah Eset, Avira, Norton, Avg, Kaspersky.

3. Membersihkan File Sampah dan Perbaiki Registry

Seiring dengan digunakannya komputer akan meninggalkan sebuah jejak data yang biasa disebut sampah. Kamu harus sering membersihkan sampah secara rutin agar tidak menumpuk sehingga memenuhi ruang penyimpanan yang berakibat pada performa komputer.

Memperbaiki kesalahan registry juga merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan. Kesalahan registry sering terjadi apabila kamu sering menginstal/uninstall aplikasi, Dengan memperbaiki registry kamu dapat mengurangi error tersebut agar tidak berdampak pada performa komputermu.

Kamu dapat menghapus file sampah atu memperbaiki registry secara manual atau dengan cara yang lebih mudah menggunakan aplikasi pihak ketiga contoh seperti Ccleaner. Ccleaner dapat membantu menghapus file sampah, memperbaiki registry dan berbagai fungsi yang bermanfaat lainnya.

4. Lakukan Defragmentasi secara rutin

Mirip seperti gudang yang ada rumah kamu, isi dari hardisk juga dapat berantakan seiring ditambahkan atau dikurangi isi didalamnya. Jika isi dari harddisk berantakan ini akan menyebabkan komputer lebih lambat dalam mengelola file.

Kamu harus rutin mendefrag hardisk dengan tempo waktu yang teratur agar hardisk yang kamu gunakan dapat berjalan optimal dan panjang umur. Jika kamu sering mengoperasikan komputer untuk pekerjaan yang berat sebaiknya kamu mendefrag hardisk dengan jangka waktu yang lebih singkat.

5. Rutin Melakukan Update Sistem Operasi dan aplikasi

Sistem operasi atau aplikasi akan terus mendapat pembaruan dari masing masing publishernya untuk meningkatkan performa, penambahan fitur, perubahan interface atau berbagai peningkatan lainyya. Software dengan versi lebih lama biasanya memiliki performa yang tidak lebih baik dari versi terbaru.

Maka dari itu sebaiknya kamu terus melakukan update terhadap sistem operasi dan aplikasi secara rutin. Jika kamu merasa malah untuk melakukan update satu persatu aplikasi, kamu dapat mengaktifkan fitur pembaruan otomatis yang biasanya telah disematkan pada masing masing aplikasi oleh developernya.

Kesimpulan Tentang Cara Merawat Komputer Agar Performa Terus maksikmal

Mungkin cara yang digunakan untuk perawatan komputer pada setiap orang punya preferensi yang berbeda beda, Namun tetap memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menjaga agar komputer terus dalam performa yang maksimal dan umur dari setiap part atau komponen hardware dapat berumur panjang.

Jika kamu masih pemula kamu perlu memahami tentang cara merawat komputer agar panjang umur dengan performa maksimal, kamu perlu memahami setiap hal yang harus dilakukan pada poin poin yang sudah admin sebutkan diatas dan jika kamu sudah expert dalam bidang komputer jika ada kesalahan atau kekekurangan pada poin yang admin sebutkan kamu dapat mengkoreksinya atau menambahkannya jika ada sesuatu yang kurang melalui kolom komentar dibawah.