Penyebab Ponsel Pintar Lemot dan Cara Mudah Mengatasinya

Cache merupakan proses penyimpanan data sementara sehingga aplikasi tidak perlu melakukan load data secara berulang

Pixabay, stevepb


Nettpeople.com - Harga ponsel pintar yang dijual di pasaran saat ini sangat bervariasi mulai dari yang harganya dibawah satu jutaan saja sampai yang tertinggi bisa mencapai sepuluh juta lebih. Tentu produsen dari ponsel pintar sudah mematok harga yang sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkannya misal ponsel pintar.

dengan harga yang lebih mahal menawarkan spesifikasi yang lebih tinggi.
Ponsel pintar seharusnya dapat bekerja secara optimal jika di gunakan dengan baik dan dengan perawatan yang rutin pula, namun bukan tidak mungkin ponsel yang dengan spesifikasi terbaik pun mengalami masalah seperti kinerja melambat, error bahkan sampai hang.

Para pengguna ponsel pintar sampai saat ini masih banyak yang belum mengerti tentang beberapa masalah yang sering dialami oleh ponsel pintar, mereka beranggapan bahwa dengan membeli ponsel pintar dengan harga yang mahal akan terhindar dari lemotnya ponsel pintar, padahal kenyataannya tidak begitu seperti yang sudah saya singgung sebelumnya jika ponsel pintar dengan harga tinggi pun masih dapat mengalami masalah.

Penyebab Ponsel Pintar Lemot dan Cara Mengatasinya.

1. Terlalu Banyak Aplikasi Terinstal

Terlalu Banyak Aplikasi Terinstal

Aplikasi merupakan sumber kegiatan utama ketika mengoperasikan sebuah ponsel pintar, namun tahukah kamu jika aplikasi yang banyak beredar sekarang ini memiliki ukuran file yang cukup besar sehingga dapat memakan terlalu banyak memori penyimpanan hingga akhirnya penuh dan juga membutuhkan ram yang tidak sedikit juga ketika aplikasi sedang berjalan.

Diantara banyaknya aplikasi yang terinstal kemungkinan besar ada beberapa aplikasi yang tidak atau jarang di gunakan, sebaiknya kita harus pandai dalam memanage aplikasi agar tidak terlalu membebani penyimpanan internal dengan cara menghapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan dan menginstalnya kembali lain waktu ketika dibutuhkan, ada juga solusi lain yaitu dengan menginstal aplikasi versi lite yang ukurannya lebih kecil dengan versi standart.

2. Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Memori Internal Penuh

Mungkin inilah penyebab ponsel pintar menjadi lemot yang tidak banyak orang ketahui, aplikasi seperti media sosial contohnya, mereka hampir selalu berjalan di latar belakang. aplikasi media sosial akan selalu aktif meskipun sedang tidak digunakan, aplikasi tersebut akan selalu stand by untuk menerima notifikasi masuk contoh seperti pesan masuk, like dan komentar.

Kadangkala kita juga merasa risih kan jika ada pemberitahuan dari aplikasi media sosial pada waktu yang tidak tepat dan isi pemberitahuannya yang bisa dibilang tidak terlalu penting. Dengan cara memberhentikan aplikasi di latar belakang tentu akan mengurangi beban ponsel pintar sehingga bisa cukup beristirahat ketika ponsel sedang tidak digunakan.

3. Menginstal Aplikasi Yang Tidak Sesuai

Maksud dari menginstal aplikasi yang tidak sesuai yaitu tidak sesuai dengan spesifikasi dari ponsel dengan tidak sama atau kurang dari spesifikasi minimal yang ditetapkan oleh aplikasi yang dipasang. Misalnya jika aplikasi yang di instal membutuhkan ram minimal 2 gb dan ponsel hanya memiliki ram sebesar 1 gb akan menimbulkan hp menjadi lemot hingga crash.

nah, untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menginstal aplikasi dengan versi yang lebih rendah karena aplikasi yang lebih lama biasanya membutuhkan spesifikasi yang lebih rendah.

4. Memori Internal Penuh

Memori Internal Penuh

Memori yang penuh bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti terlalu banyak menginstal aplikasi, terlalu banyak data yang tersimpan seperti file foto, video, musik, dokumen dan lain sebagainya. file yang tersimpan ini bisa di akibatkan oleh aplikasi yang secara default menyimpan file ke memori internal seperti aplikasi kamera yang secara default akan menyimpan hasil tangkapan foto ke memori internal untuk mengatasinya kamu bisa mengubah pengaturan dari aplikasi yang secara default menyimpan file ke memori internal mengubah ke memori eksternal.

Apabila memori internal sudah terlanjur penuh ponsel akan terus menampilkan notifikasi peringatan. cara mengatasinya kamu bisa memindahkan file yang berada di memori internal ke memori eksternal.

5. Cache dan File Sampah Menumpuk

Cache dan File Sampah Menumpuk

Cache merupakan proses penyimpanan data sementara sehingga aplikasi tidak perlu melakukan load data secara berulang cache tersebut membantu untuk mengenali informasi sehingga aplikasi akan lebih cepat jika di gunakan kedua, ketiga, keempat dan seterusnya. contoh seperti aplikasi youtube ketika kamu mendownload sebuah video menjadikannya offline video tersebut tersimpan dalam jangka waktu tertentu dan akan otomatis terhapus dalam beberapa minggu.

Seperti pada poin nomor 4 cache yang tersimpan juga bisa mengakibatkan memori penyimpanan menjadi penuh akibatnya ponsel tidak bisa berjalan secara optimal untuk mengatasinya kamu bisa menghapus cache secara manual melalui pengaturan - aplikasi atau cara yang lebih mudah menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa didapatkan dengan menginstalnya melalui playstore.

6. Adanya kerusakan hardware

meskipun kita sudah sangat berhati hati ketika membawa ponsel tidak menutup kemungkinan ponsel bisa terjatuh dan mengakibatkan kerusakan pada perangkat keras ponsel, jika kerusakan hanya pada bagian luar hanya goresan sedikit mungkin tidak terlalu menjadi masalah tapi jika benturan yang terjadi cukup keras ini dapat menyebabkan kerusakan pada hardware bagian dalam.

Penyebab ponsel pintar menjadi lemot yang satu ini paling sulit untuk diatasi jika kerusakan hardware terlalu parah tidak akan menyebabkan ponsel menjadi lemot lagi tapi rusak total, ini hanya bisa diperbaiki oleh teknisi berpengalaman saja.

Itu tadi adalah beberapa poin tentang Penyebab Ponsel Pintar Lemot dan Cara Mengatasinya, secanggih dan semahal apapun ponsel yang kita miliki tidak akan pernah bebas akan masalah masalah yang timbul, selama kita mampu merawat dan menjaga ponsel dengan cara yang benar maka kita bisa menghindar dari lemotnya ponsel yang kita miliki.