Cara Membersihkan Cache Android Secara Manual atau Otomatis

pengaturan > device > aplikasi > ... cache mencapai 357 MB ... menggunakan aplikasi Ccleaner yang bisa diunduh melalui playstore, admin menyarankan

Seiring digunakannya ponsel berbasis android data yang tersimpan akan semakin banyak dan memenuhi runag ponsel, penggunaan memori eksternal sangat dibutuhkan untuk menyimpan data yang tidak terkait dengan sistem misal seperti file foto, musik, dokumen dan berbagai jenis format file lainnya.

Berbeda dengan file sistem yang harus tetap ada pada memori internal agar aplikasi yang terinstal pada ponsel android tetap bekerja sebagaimana mestinya.

Kita ambil contoh dalam pembahasan kali ini adalah file cache, file cache sendiri merupakan proses yang digunakan oleh browser maupun aplikasi untuk menyimpan informasi sementara sehingga browser maupun aplikasi tidak perlu mengunduh data untuk kedua kalinya.

Misal ketika kamu membuka situs Nettpeople.com maka perangkat yang kamu gunakan akan secara otomatis menyimpan cache berupa gambar, tata letak, maupun file lain pada situs Nettpeople.com, sehingga ketika kamu membuka situs untuk kedua kalinya proses loading akan lebih cepat karena data file pada situs Nettpeople.com telah tersimpan pada perangkat yang kamu gunakan.

Contoh cache yang sering kamu lihat secara nyata adalah history pada aplikasi browser.

Cache memang sangat bermanfaat agar aplikasi maupun browser dapat dimuat lebih cepat karena data yang langsung dimuat secara lokal tanpa melakukan proses download berulang, namun seiring aplikasi digunakan maka cache yang tersimpan jumlahnya akan semakin banyak. Akibatnya ini akan menyita ruang penyimpanan pada ponsel Android.

Maka perlu dilakukan pembersihan cache secara berkala pada ponsel android menggunakan cara manual melalui pengaturan maupun menggunakan aplikasi pihak ketiga yang admin sarankan untuk mengunduhnya melalui playstore.

Cara pertama adalah penghapusan atau pembersihan cache secara manual, namun cara ini sedikit lebih sulit karena letak lokasi menu hapus file cache yang lebih sulit ditemukan daripada menggunakan aplikasi pihak ketiga dan proses penghapusannya harus dilakukan satu persatu per aplikasi berbeda dengan menggunakan aplikasi pembersih cache yang bisa menghapus secara keseluruhan dalam sekali waktu.

Caranya masuk ke menu pengaturan > device > aplikasi > pilih aplikasi yang akan di hapus cache > storage > clear cache.

Mungkin terdapat perbedaan tata letak menu dan bahasa pada setiap ponsel android pada intinya kita harus bisa menemukan menu aplikasi yang berada dalam pengaturan ponsel, disini admin memberikan contoh berupa gambar pada perangkat android dengan merk fujitsu nx-f02h.

Masuk menu pengaturan ponsel 

Pengaturan Ponsel

Masuk ke menu device > aplikasi

Pengaturan Aplikasi

Memilih aplikasi yang akan di eksekusi untuk penghapusan cache, admin mengambil sampel pada aplikasi Google Chrome 

Aplikasi Android Google Chrome

Selanjutnya pilih storage 

Pengaturan Storage

Sampai disini akan terlihat jumlah banyaknya cache pada aplikasi google chrome yang admin instal pada perangkat yang admin gunakan, sudah lebih dari satu minggu sejak admin terakhir kali menghapus cache pada aplikasi google chrome, bisa dilihat jumlah cache mencapai 357 MB dan admin akan mencoba mengeksekusinya dengan menekan tombol clear cache.

Menghapus Cache Aplikasi Chrome

Setelah admin melakukan penghapusan cache jumlah cache berubah menjadi 0 untuk sementara waktu dan akan bertambah seiring waktu digunakannya aplikasi google chrome.

Cache Google Chrome Kosong

Itulah cara menghapus cache secara manual melalui menu pengaturan, kamu bisa mengulangi cara tersebut apabila cache pada aplikasi yang kamu gunakan telah menumpuk atau jika kamu telah merasakan penurunan performa pada aplikasi ketika sedang dijalankan.

Kita akan lanjut pada cara kedua yaitu penghapusan cache menggunakan aplikasi pihak ketiga, yang lebih simpel artinya menu hapus cache mudah ditemukan dan bisa melakukan penghapusan cache dalam sekali waktu, maksudnya kamu tidak perlu melakukan hapus cache per aplikasi seperti cara sebelumnya.

Admin disini menggunakan aplikasi Ccleaner yang bisa diunduh melalui playstore, admin menyarankan aplikasi ini karena aplikasi ini sangat ringan dan memiliki fitur yang cukup beragam seperti menghapus cache aplikasi, mempercepat ponsel dengan membersihkan file sampah, uninstal aplikasi, mengoptimalkan ruang penyimpanan, ram booster dan beragam fitur lain yang berguna untuk perangkat android.

Meskipun terdapat iklan pada versi gratis, namun tetap tidak mengurangi fitur yang disediakan, kamu bisa langsung mengunduh aplikasi Ccleaner dan menerapkan tips yang akan admin berikan tentang cara membersihkan cache menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Setelah berhasil mengunduh/menginstal aplikasi Ccleaner melalui playstore buka aplikasi tersebut

Aplikasi Ccleaner

Berikut adalah tampilan awal dari aplikasi Ccleaner, tampilan yang cukup bersih dan menunjukan beberapa fitur utama dari aplikasi Ccleaner sehingga membuat pengguna dapat lebih mudah dalam pengoperasiannya.

Namun saat ini kita akan fokus untuk melakukan pembersihan cache saja dengan menekan tombol quick clean.

Quick Clean Ccleaner

Setelahnya kita akan ditunjukan beberapa jenis file cache dan file sampah lain, yang bisa di hapus. Kamu juga bisa melakukan kustomisasi tentang file apa saja yang ingin dihapus, jika dirasa sudah sesuai kamu bisa langsung melakukan eksekusi dengan menekan tombol finish cleaning.


Quick Clean Review Ccleaner

Tunggu beberapa saat hingga aplikasi sukses menghapus cache yang ada pada perangkat andorid kamu.

Cache Berhasil Dibersihkan

Sampai disini langkah - langkah tentang membersihkan file cache menggunakan aplikasi pihak ketiga sudah tuntas, cara penerapannya bisa berbeda tiap versi aplikasi namun tetap admin sarankan untuk menggunakan aplikasi dengan versi final atau paling terakhir dirilis, karena delveloper akan selalu melakukan update terhadap aplikasi Ccleaner agar selalu berjalan secara optimal.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga selain Ccleaner seperti 360 security, nox cleaner, avast clean up dan masih banyak lagi yang tersedia di playstore, kamu dapat menentukan aplikasi sesuai preferensimu sendiri dan yang perlu diingat setiap aplikasi mempunyai user interfacenya masing masing.

KESIMPULAN

Itulah pembahasan kita kali ini tentang cara membersihkan cache pada android secara manual maupun menggunakan aplikasi pihak ketiga, tentu kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Kamu bisa memilih cara kamu sendiri menggunakan cara manual menghapus cache aplikasi satu per satu atau secara instan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Sebenarnya kedua cara tersebut memberikan efek yang sama saja, poin terpentingnya adalah tetap membersihkan cache pada ponsel android secara rutin dan pada saat kondisi tertentu seperti saat aplikasi sudah terasa melambat saat digunakan atau bahkan pada saat aplikasi tidak bisa dibuka.